close× Telp +62 761 45505
close×

Kadiskominfotik Riau Buka Acara Percepatan Penyelenggara Teknologi Informasi Dan Komunikasi Riau Menuju Smart Province

Kamis, 25 Feb 2021 | 247 kali dilihat

PEKANBARU - Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau Chairul Riski menghadiri sekaligus membuka acara forum koordinasi percepatan penyelenggara teknologi informasi dan komunikasi pemerintah Provinsi Riau dalam menuju terwujudnya Smart Province di Ruang Rapat Kenanga Kantor Gubernur Riau, Kamis (25/2/2021).

Adapun tema forum koordinasi tersebut yaitu Riau digital menuju terwujudnya Riau yang berdaya saing, sejahtera, bermartabat dan unggul di Indonesia.

Kadiskominfotik Riau, Chairul Riski dalam sambutannya mengatakan bahwa pertemuan yang berlangsung merupakan tindaklanjut pertemuan Gubernur Riau Syamsuar pada tanggal 18 Februari yang lalu secara virtual dengan pimpinan PT Telkom dan PT Telkomsel.

"Ini adalah merupakan bagian penting dari pada upaya percepatan capaian misi kelima dari pada pembangunan Provinsi Riau sebagaimana yang sudah tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah Provinsi Riau 2019-2024," katanya.

Mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik dan pelayanan publik yang prima berbasis teknologi informasi. Misi ini juga menjadi daya dorong bagi pemerintah Provinsi Riau untuk melakukan transformasi digital yang meliputi tidak hanya diperkotaan tetapi juga sampai kepelosok perdesaan termasuk daerah arau desa 3T.

Dijelaskan Riski, maksud dari daerah atau desa 3T itu adalah desa tertinggal, desa terdepan, dan desa terluar yang masih ada di Provinsi Riau sehingga nanti terwujudnya konsep Smart Province dimana desa dapat menyelesaikan permasalahan yang cerdas.

"Dengan memanfaatkan teknologi informasi serta dapat mengubah pelayanan masyarakat menuju keadaan yang lebih baik dan sejahtera serta menumbuhkan kesejahteraan masyarakat akan pentingnya sebuah inovasi dalam usaha kecil yang berpotensi menciptakan kewirausahaan dan meningkatkan kualitas pelayanan di desa," jelasnya.

Ia berharap acara forum koordinasi percepatan penyelenggara teknologi informasi dan komunikasi pemerintah Provinsi Riau dalam menuju terwujudnya Smart Province mengucapkan terimakasih kepada narasumber dan peserta yang hadir baik secara langsung maupun secara virtual.

"Kiranya pertemuan ini dapat kita manfaatkan untuk saling bertukar informasi dan berdiskusi untuk bersama sama membangun provinsi Riau yang kita cintai ini, sehingga percepatan tranformasi digital melalui pengembangan dan pembangunan teknologi informasi dan komunikasi menuju Smart Province dapat terwujud," pungkasnya. (MCR/sem)