close× Telp +62 761 45505
close×

Kamsol: O2SN Bagian Dari Peningkatan SDM Di Bidang Jasmani

Selasa, 26 Mei 2015 | 1635 kali dilihat

PEKANBARU: Olahraga merupakan suatu sarana menuju hidup sehat, selain untuk kesehatan, olahraga juga bisa dijadikan sebagai ajang meraih prestasi.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Riau Dr H Kamsol MM, saat membuka acara Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tingkat Provinsi Riau tahun 2015, Senin (25/5) malam, di Hotel Furaya Pekanbaru.

"Kegiatan ini sangat penting dalam menghasilkan generasi penerus yang sehat jasmani dan rohani, dengan berolahraga akan dapat meningkatkan kondisi jasmani dan rohani siswa, sehingga mereka dapat melaksanakan proses pembelajaran dengan baik disekolah," kata Kamsol.

Meski merupakan bagain dari mengukir prestasi, pada pelaksanaan O2SN ini, Kamsol menghimbau kepada para peserta untuk bisa lebih mengedepankan bagaimana kegiatan ini bisa meningkatkan persahabatan dan silaturrahmi diantara sesama siswa di Provinsi Riau.

"Prestasi merupakan tujuan dari cabang-cabang olahraga yang akan adik-adik laksanakan, namun saya berharap dan menghimbau, dalam O2SN ini, agar jangan dalam meraih prestasi itu menggunakan cara-cara yang tidak baik, lakukan dengan sportifitas, dan yang terpenting adalah bagaimana agar persahabatan diantara kalian bisa makin erat lagi," himbaunya.

Sementara, Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar Azwandi SE MM, mengatakan bahwa pelaksanaan O2SN ini merupakan bagian dari pendidikan, terutama dalam pendidikan jasmani dan rohani.

Melalui kegiatan ini diharapkan akan bisa meningkatakan kecintaan dan apresiasi siswa-siswi dalam bidang olahraga, dan juga mengambangkan bakat minat bidang olahraga.

"Kegiatan ini diikuti oleh 571 peserta SMP Negeri dan Swasta, SMP terpadu se Riau, yang terdiri dari Atlet, pelatih dan official. Delapan Cabang Olahraga dipertandingkan yakni, Renang, Atletik, Karate, Bola Voli, Pencak Silat, Catur, Tennis Meja, dan Bulu Tangkis," ungkapnya. (rgi/mad)