close× Telp +62 761 45505
close×

Universitas Riau Peringkat Ke-5 Versi "Webometrics"

Selasa, 16 Feb 2016 | 4229 kali dilihat

PEKANBARU - Universitas Riau (UR) tahun 2016 ini, memperoleh peringkat ke-5 se-Perguruan Tinggi di Indonesia versi webometrics. webometrics adalah suatu sistem yang memberikan penilaian terhadap seluruh universitas terbaik di dunia melalui website resmi universitas. webometric melakukan pemeringkatan terhadap lebih dari 20.000 Perguruan Tinggi di seluruh dunia.

Rektor Universitas Riau, Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, mengapresiasi hasil pemeringkatan versi webometrics yang diraih UR dalam pemeringkatan Tahun 2016 ini. Prestasi yang menurutnya telah membuka mata dunia ini, adalah bukti bahwa UR mampu bersaing secara global, baik di tingkat Nasional maupun internasional. 

“Kualitas pelayanan serta penyebaran informasi sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi pengguna informasi. Melalui peringkat ke-5 se-Perguruan Tinggi di Indonesia yang diperoleh UR dari pemeringkatan yang dilakukan versi webometrics ini, menjadi indikator bahwa UR adalah merupakan bagian terpenting dari pemenuhan kebutuhan informasi tersebut bagi masyarakat informasi saat ini,” kata Dia, Senin (15/2), seperti rilis yang diterima redaksi.

Ada empat komponen yang menjadi indikator utama dari penilaian webometrics, yaitu berdasarkan jumlah artikel-artikel ilmiah publikasi perguruan tinggi yang bersangkutan yang terindeks di Scimago Institution Ranking, Kemudian berdasarkan jumlah halaman website dan halaman dinamik yang tertangkap oleh mesin pencari (Google). 

Selanjutnya berdasarkan indikator jumlah eksternal link yang unik yang diterima oleh domain web universitas yang tertangkap oleh mesin pencari (Google). Serta indikator jumlah file dokumen yang online/ open di bawah domain website universitas yang tertangkap oleh mesin pencari (Google).

Pada pemeringkatan versi webometrics ini, Universitas Indonesia (UI) menduduki peringkat pertama di Indonesia. Disusul dengan Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Diponegoro (Undip), dan Universitas Riau (UR) pada peringkat ke-5.

“Peringkat ke-5 ini, tentunya tidak hanya berhenti sampai itu saja. Namun lebih dari pada itu, ini merupakan poin penyemangat bagi berbagai pihak di Universitas, untuk selalu menyediakan serta memberikan pelayanan informasi dan mengembangkan media informasi dengan sebaik-baiknya, untuk memenuhi kebutuhan informasi yang bermanfaat bagi pengguna informasi secara luas,” harap Aras.(MC Riau/mad)